Popular Posts

AC01

Wednesday, November 3, 2010

Gunung Merapi Meletus Mengeluarkan Lava Pijar

Aktivitas Gunung Merapi yang tidak pernah berhenti sejak 26 Oktober 2020 lalu, bahkan saat ini Gunung Merapi telah mengeluarkan lava pijar. menurut kepala BPPTK (Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian).Yogyakarta Subandriyo mengatakan bahwa munculnya lava pijar ini menandakan awalnya terbentuk kubah baru Merapi. " Jika konstan dan hanya disertai guguran-guguran, maka lava pijar itu kemudian akan menjadi kubah baru ".

Menurutnya dengan munculnya lava pijar juga membuat awan panas yang keluar tidak sebesar sebelumnya. Pasalnya kandungan gas yang berada didalam perut Gunung Merapi energinya sudah tidak besar sehingga tidak berpotensi untuk terjadinya letusan eksplosif.

Aktifitas gunung Merapi kemarin seharian didominasi guguran dan gempa multifase. sejak pagi sampai siang juga terjadi delapan kali awan panas dengan jark luncur rata-rata 3,5 kilo kearah kali Gendol. dan ini relatif lebih kecil dari sebelumnya.b akan tetapi ini bukan berarti kondisi Merapi sudah aman , Status Merapi saat ini masih berada pada level AWAS (IV) sehingga dalam jarak 10 KM dari puncak Merapi harus tetap steril dari aktifitas warga.

No comments:

RECENT POST

For You - Money Online

Daftar ke PayPal dan langsung menerima pembayaran kartu kredit.
script src="http://widgets.technorati.com/t.js" type="text/javascript"> View blog authority