Popular Posts

AC01

Saturday, July 2, 2011

Pemberdayaan Masyarakat Desa Hutan Baribis

Baribis adalah nama sebuah gunung di kabupaten Brebes. konon nama Brebes itu sendiri diambil dari nama gunung tersebut. daerahnya sangat strategis untuk pengembangan berbagai komoditas pertanian dan peternakan.
namun sayang sekali hal itu tidak didukung oleh ketersediaan sumberdaya manusia yang memadai, akibatnya daerah yang mempunyai potensi sangat besar ini tidak bisa berkembang bahkan masuk kedalam katagori Desa Tertinggal.
Pemberdayaan masyarakat desa mulai nampak pada pertengahan tahun 2002, hal itu ditandai dengan berdirinya pendidikan luar sekolah ( Kejar paket B ) dan dilanjutkan pembangunan pasar desa dan pembangunan Unit Sekolah Baru setingkat SLTP.
Pembangunan dan pemberdayaan masyaraakat tidak saja yang menyangkut sumberdaya manusia, melainkan  juga yang berhubungan dengan lingkungan hidup.
sebagaimana yang terjadi di lingkungan lain didaerah ini juga telah mengalami banyak kerusakan pada habitat daraat dan air. Dalam duapuluh tahun terahir masyarakat melaporkan setidknya ada 18 jenis burung yang punah, empat jenid Vertebrata dan empat jenis tanaman keras dan berkurangnya beberapa sumber mata air di gunung baribis.
melihat kenyataan ini pemuda dan masyarakat setempat sudah melakukan banyak hal untuk menghambat terjadinya kerusakan yang lebih parah. mereka mendirikan kelompok-kelompok atau organisasi yang yang bertujuan untuk penyelamatan lingkungan seperti Organisasi Pemuda Peduli Desa ( OPPD ), Lembaaga Masyarakat Desa Hutan, Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris , Salah satu tokoh Pemuda yang sangat peduli atas pemberdayaan Masyarakan dan Hutan dikawasan tersebut adalah Mas Herman Khaeruman - Ketua LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Desa Legok Kec. Bantar Kawung Kab. Brebes .

2 comments:

Anonymous said...

sebenarnya human resource ny ad, tp tidak merasa..ya smg adany program sarjana penggerah desa bisa masuk hingga ke desa2 yg tinggal d pedalaman.. :)
nice post, salam kenal

Allly Mulia said...

betul mas, yang bersangkutan adalah sarjana yang kembali kedesa. hanya untuk merubah mindset masyarakat disana merupakan perjuangan yang lumayan berat. yang jelas perhatian yang kurang dari pemerintah darah setempat juga menjadi kendala. mungkin karena aparatnya juga belum mengerti, atau terlalu berserah diri.

thanks juga ya

RECENT POST

For You - Money Online

Daftar ke PayPal dan langsung menerima pembayaran kartu kredit.
script src="http://widgets.technorati.com/t.js" type="text/javascript"> View blog authority
Indonesian peoples thing..